Tenang, itu bukan dosa besar kok

0
5
views
Ilustrasi Ekspresi Bagi yang Meremehkan Dosa

Mediagaul.net/Pencerah – Pada pembahasan yang telah lalu kita telah membahas mengenai fenomena banyak orang sekarang ini yang meremehkan dosa kecil maupun dosa besar. Jika terhadap dosa besar saja orang-orang sudah meremehkannya. lantas bagaimana dengan dosa kecil ?
Well, padahal dosa kecil dapat jadi dosa besar karena beberapa sebab.
Satu, ketika dosa itu dilakukan secara kontinu/terus-terusan. Ada ungkapan yang terkenal dari para salafusshalih, “Nggak ada dosa besar jika dihapus dengan istigfar dan nggak ada dosa kecil jika dilakukan terus menerus.”

Menyepelekan dosa juga bisa menjadi penyebab terjerumusnya seseorang ke dalam dosa besar, karena apa ? karena ia telah menganggap remeh pengawasan dan ancaman Allah. Jika seorang hamba menganggap besar suatu dosa maka itu akan kecil disisi Allah dan sebaliknya.
Sahabat Ibnu Mas’ud radhiyallahuanhu  mengatakan 
“Sesungguhnya seorang mukmin melihat dosanya seakan-akan ia duduk di sebuah gunung dan khawatir gunung tersebut akan menimpanya. sedangkan seorang yang fajir (gemar maksiat), ia akan melihat dosanya seperti lalat yang lewat begitu saja di batang hidungnya” (HR Bukhari)

Sebab lainnya yaitu
Dua, ketika seseorang telah melakukan dosa padahal tak seorangpun tahu tapi dirinya sendiri malah memberitahukannya pada orang lain dan merasa sangat bangga. Hal itu menjadi dosa besar karena dosa secara terang-terangan akan berpotensi menular pada orang lain.

Rasulullah bersabda, “Setiap umatku akan diampuni kecuali orang yang melakukan dosa dengan terang-terangan” (HR Bukhari)

Mari jauhkan diri kita dari hal-hal yang menimbulkan dosa baik besar ataupun kecil, baik disengaja maupun tidak. Semoga Allah melindungi kita dari hal-hal tersebut.
-Jangan Lihat Besar Kecilnya, Tapi Lihat Kepada Siapa Engkau Berdosa-
(Rajaf)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here