Apakah Benar Disunnahkan untuk Membaca QS Al Kahfi pada Hari Jum’at ?

0
3
views

Mediagaul.net/Pencerah – Mungkin elu penasaran sama judul artikelnya ya ? Baiklah langsung saja tanpa lama-lama, tanpa basa-basi, tanpa panjang kali lebar, tanpa cin cong, tanpa penyedap rasa. Oke jadi begini, apakah ada anjuran dari Rasulullah untuk membaca surat ini di hari Jum’at ?

Jawabaya adalah ada.

Loh terus cuma gitu tok ? Tidak demikian, anjuran untuk membaca surat Al Kahfi di hari Jum’at itu berdasarkan hadist yang shahih namun betapa banyak orang lalai dari amalan yang satu ini ketika malam Jum’at atau hari Jum’at. Atau mungkin sebagian orang malah belum mengetahui amalan ini. Padahal ganjaran dari amalan ini sangatlah besar !.  Simak penjelasan berikut ini cuy 

مَنْ قَرَأَ سُورَةَ الْكَهْفِ لَيْلَةَ الْجُمُعَةِ أَضَاءَ لَهُ مِنَ النُّورِ فِيمَا بَيْنَهُ وَبَيْنَ الْبَيْتِ الْعَتِيقِ
Barangsiapa yang membaca surat Al Kahfi pada malam Jum’at, dia akan disinari cahaya antara dia dan Ka’bah.” (HR. Ad Darimi. Syaikh Al Albani mengatakan bahwa hadits ini shohih sebagaimana dalam Shohihul Jami’ no. 6471)
مَنْ قَرَأَ سُورَةَ الْكَهْفِ فِى يَوْمِ الْجُمُعَةِ أَضَاءَ لَهُ مِنَ النُّورِ مَا بَيْنَ الْجُمُعَتَيْنِ
Barangsiapa yang membaca surat Al Kahfi pada hari Jum’at, dia akan disinari cahaya di antara dua Jum’at.” (HR. An Nasa’i dan Baihaqi. Syaikh Al Albani mengatakan bahwa hadits ini shohih sebagaimana dalam Shohihul Jami’ no. 6470)
Inilah salah satu amalan di hari Jum’at dan keutamaan yang sangat besar di dalamnya. Akankah kita melewatkan begitu saja ?
Semoga Allah selalu memberikan kita ilmu yang bermanfaat dan dimudahkan untuk beramal sholeh sesuai tuntunan Nabi-Nya shallallahu ‘alaihi wa sallam.

Editor : Rajaf

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here