Anak Susah Makan Sayur ? Coba Pakai Tips Ini

0
7
views

Mediagaul.net/Kesehatan – Berbicara tentang kebiasaan makan anak-anak, biasanya bagi orang tua hal yang cukup sulit adalah bagaimana membuat anaknya gemar makan sayur. Nutrisi dan serat sayur yang baik sangat dibutuhkan tubuh, namun sayang kadang anak tak suka pada rasa sayur tersebut
Untuk mengatasi hal tersebut orang tua disarankan untuk memberikan contoh. Bisa dengan orang tua sendiri yang mengonsumsi sayur di depan anak untuk ditiru atau bisa juga dengan memberikan tontonan video anak makan sayur seperti yang telah diteliti dalam studi. 
Menurut laporan penelitian di Journal of Nutrition Education membuktikan tontonan video seorang anak yang makan sayur dapat mendorong anak untuk mau mengkonsusi sayur.
Peneliti mengatakan perubahan perilaku tersebut tak terjadi segera, melainkan kurang lebih seminggu setelah video dipertontonkan. Dari 42 anak prasekolah selaku partisipan penelitian, pada mereka yang diberi tontonan video rata-rata konsumsi paprikanya 16 gram sedangkan mereka yang tak diberi tontonan hanya 6 gram.
“Segmen DVD yang kami berikan berdurasi 7,5 menit dan cukup setelah sekali ekspos para anak prasekolah ini konsumsinya meningkat seminggu kemudian. Jadi paparan singkat DVD antara acara tv anak atau waktu istirahat makan di daycare dapat memengaruhi anak untuk memilih pola makan yang lebih sehat,” ujar pemimpin studi Amanda Staiano dari Pennington Biomedical Research Center seperti dikutip dari Reuters.
Penggunaan anak sebagai pemeran dalam video berperan sebagai duta. Menurut Amy Yaroch dari Gretchen Swanson Center for Nutrition mengomentari studi bahwa ini sebetulnya adalah teori strategi yang cukup umum digukanakan.

“Orang tua tipikalnya yang menjadi model, namun teman sebaya bisa juga jadi pengaruh yang kuat terutama apabila mereka dipandang sebagai sosok yang ‘keren’ oleh anak-anak lain,” ungkapnya.
(Vz)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here