10 Sebab Dosa Besar Dapat Ampunan dari Allah

0
4
views


Mediagaul.net/Pencerah – Setiap manusia sudah pasti mempunyai banyak dosa-dosa, entah itu dosa yang kecil maupun dosa yang sangat besar kecuali rasul karena rasul itu memiliki sifat maksum yaitu terpelihara dari dosa. 

Coba renungkan sudah berapa banyak elu berbuat dosa ? dari lahir sampai sekarang. Wah terlalu banyak ya ? Yasudah mulai dari amal dan dosamu elu tanggung sendiri saja. Ya diusia baligh. Wah tetep juga masih banyak banget ya ? Jika dibayangkan dosa kita itu bejibun, buanyak bengeti, sejauh mata memandang !!. Astagfirullah….

Jangan sedih banget bro, ingat Allah itu Maha Pengampun. 

Berikut adalah sebab-sebab dosa besar dapat diampuni oleh Allah

  1. Taubat ( Katakanlah, wahai hamba-hambaKu yg melampaui batas terhadap diri mereka sendiri, Janganlah kamu berputus asa dari rahmat Allah).
  2. Istighfar (Seandainya kalian tidak pernah berbuat dosa, niscaya Allah ta’ala akan membinasakan dan menggantikan kalian dengan suatu kaum yang berbuat dosa, kemudian mereka memohon ampunan, kemudian Dia mengampuni mereka).
  3. Kebaikan yg dihidupkan (Sesungguhnya perbuatan kebaikan menghapus perbuatan keburukan).
  4. Do’a seorang mukmin untuk mukmin yang lainnya, seperti sholatnya kalian terhadap jenazah ( Tidaklah seorang mayit disholatkan atasnya oleh kaum muslimin 100 orang dan tiap mereka memberi syafa’at, melainkan syafa’at akan diterima).
  5. Sesuatu yg dikerjakan untuk mayit dari amal-amal kebaikan. (Barang siapa meninggal dan masih menanggung kewajiban puasa, maka walinya berpuasa untuknya).
  6. Syafa’at Nabi Shallallaahu ‘alaihi wasallam dan selainnya kepada pelaku dosa ( Syafa’atku untuk pelaku dosa-dosa besar dari kalangan ummatku).
  7. Musibah yg Allah menghapus dengannya dosa2 (Tidak ada dari musibah yg menimpa seorang mukmin berupa kelelahan, kesusahan, kegundahan, kesedihan, kedukaan, kesakitan bahkan tertusuk duri, melainkan Allah menghapus dosa-dosanya dengan apa yg menimpa itu ).
  8. Apa yang dialami di dalam kubur berupa fitnah, tekanan, kegelisahan, maka sesungguhnya apa2 darinya menghapus dosa.
  9. Keadaan pada hari kiamat, kesusahan dan kengeriannya.
  10. Rahmat Allah ta’ala dan maaf dan AmpunanNya tanpa sebab kepada hambanya.


Source : Majmu’ fatawa syeikhul islam rahimahullahu ta’ala
Editor : Rajaf

 
   




                     


                       


                         


                               
                             
                           
                         

     

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here