Benarkah Malaikat Bergelantungan Di Jenggotmu ?

0
3
views

Mediagaul.net/Hitspedia – Mungkin lu pernah denger bahwasanya ada malaikat yang bergelantungan di setiap satu helai jenggot seseorang. Yang lain lagi mengatakan bahwa yang bergelantungan di jenggot adalah bidadari. Lalu ini dijadikan alasan untuk menyemangati para lelaki untuk memelihara jenggot. Apakah benar demikian?

“Membiarkan jenggot dan tidak memotongnya adalah sebuah kewajiban bagi lelaki Muslim. Namun mengenai keyakinan yang  disebutkan di atas, kami telah melakukan penelusuran dengan ilmu kami yang sedikit dan terbatas terhadap kitab-kitab hadits dan kitab-kitab fikih, namun sama sekali tidak kami temukan riwayat yang redaksinya demikian atau bahkan yang maknanya mendekati keyakinan tersebut.” (Yulian Purnama, admin Muslim.or.id)
Yang didapati hanya sekedar kisah yang tanpa referensi dan beredar dengan banyak redaksi. Diantaranya berbunyi:
أن رجلا كان له شعرتان في وجهه فنتفهما فأخبره النبي صلى الله عليه وسلم أن
 الملائكة كانت تداعبهما
“ada seorang lelaki yang jenggotnya hanya dua helai, maka ia mencabutnya. Maka Nabi Shallallahu’alaihi Wasallam mengabarkan ia bahwa Malaikat itu biasa bermain-main dengan kedua helai jenggotnya”.
Ada juga yang menyebarkan kisah ini dengan redaksi:
في كل شعرة ملائكة
“di setiap helai rambut (jenggot) ada Malaikat”

Semua ini wallahu a’lam hanyalah kisah-kisah dusta tanpa referensi dan tanpa landasan yang disandarkan kepada Nabi Shallallahu’alaihi Wasallam.
Syaikh Abu Umar Usamah Al Utaibi hafizhahullah ketika ditanyakan mengenai hal ini beliau berkata:

. هذا الحديث مشهور عند القصاصين الجهلة أمثال جماعة التبليغ . وهو حديث منكر
 وباطل . فالنبي صلى الله عليه وسلم أمر بإعفاء اللحية فكيف يحلقها الرجل ولا نكر 
عليه؟! ثم إني سمعت القصة بللفظ: ((أن رجلا كان له شعرتان في وجهه فنتفهما 
فأخبره النبي صلى الله عليه وسلم أن الملائكة كانت تداعبهما)). وهي باطلة على كل 
حال. ولم أقف في الصحابة على أحد منهم لم يكن له إلا شعرتان في وجهه . ووجوب 
إعفاء اللحية ، وعظم شأنها لا يحتاج إلى أحاديث موضوعة ، وقصص منكرة 
مصنوعة.

“Perkataan ini masyhur beredar di kalangan tukang cerita yang jahil misalnya di kalangan jama’ah tabligh. Dan ini adalah perkataan yang munkar dan batil. Nabi Shallallahu’alaihi Wasallam memerintahkan untuk membiarkan jenggot maka bagaimana mungkin ada orang yang mencabutnya namun tidak beliau ingkari? Lalu aku pernah mendengar kisah yang lafadznya: ‘ada seorang lelaki yang jenggotnya hanya dua helai, maka ia mencabutnya. Maka Nabi Shallallahu’alaihi Wasallam mengabarkan ia bahwa Malaikat itu biasa bermain-main dengan kedua helai jenggotnya’. Ini batil dari segala sisi. Dan aku tidak mengetahui ada sahabat yang hanya memiliki jenggot dua helai. Adapun wajibnya membiarkan jenggot dan urgensi memeliharanya, ini semua tidak membutuhkan hadits-hadits palsu ataupun kisah-kisah munkar yang dibuat-buat” 
Dengan demikian, keyakinan bahwa ada malaikat atau bidadari bergelantungan di setiap helai jenggot, merupakan hal yang tidak ada asalnya dan tidak bisa dibenarkan.
والله أعلمُ بالـصـواب

Editor : Vz

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here