Ini Baru Keren, Siswi Berjilbab Penemu Kulkas Tanpa Listrik

0
6
views
Komponen kulkas tanpa aliran listrik PLN

Mediagaul.net/Research – Masa SMA itu bisa dibilang masanya menikmati masa pubertas. Pada zaman dulu, yang nama pacaran saat masih sekolah adalah hal yang paling dijauhi. Alasannya adalah karena ganggu belajar. Faktanya sih emang gitu, meskipun ada juga yang bilang pacaran bisa bikin semangat. Tapi hal itu tidak terbukti, kini banyak justru masa SMA bahkan SMP sudah dijadikan sebagai ajang berhubungan seksual di luar nikah. Zina telah merajalela dan didukung oleh sistem yang sudah amburadul. Berbeda dengan kedua siswi dari SMA Negeri 2 Sekayu Musi Banyuasin Sumatera Selatan. Muhtaza Aziziya Syafiq dan Anjani Rahma Putri adalah nama kedua siswi sekolah tersebut yang meraih penghargaan atas karyanya yaitu Kultas tanpa listrik.
Tetap berjilbab dan santun, simbolisme pelajar teladan. Mereka terinspirasi dari kondisi tempat tinggal yang listriknya kurang memadai untuk penggunaan alat elektronik kelas berat. Penemuan siswi SMA berjilbab itu menyabet penghargaan di ajang Intel ISEF (International Science and Engineering Fair) di Los Angeles, AS pada Bulan Mei 2014 lalu.
“Karena prihatin sama kondisi pedagang pasar yang buahnya itu dalam kondisi busuk‎, terus kita memaklumi karena kebunnya jauh dari Kota Kabupatennya, transportasi juga susah, jadi wajar sampai ke pasar itu kondisinya udah membusuk,” ujar Muhtaza usai bertemu Menteri Kebudayaan dan Pendidikan Dasar dan Menengah, Anies Baswedan di ruang kerjanya, Jalan Jenderal Sudirman, Jakarta Selatan, Senin (22/12/14).
“Jadi kita berpikir bagaimana menolong pedagangnya untuk nyimpan buah. Sedangkan di Kota Kabupatennya saja sering mati lampu (listrik), apalagi yang jauh dari pusat kabupatennya, di desa-desanya, listrik kadang malam doang, siang mati. Sedangkan potensi buah banyak. Buah duku, jeruk dan lainnya,” ujar Anjani.
Dua gadis SMA berjilbab ini berhasil menyabet penghargaan diajang Intel ISEF (International Science and Engineering Fair) di Los Angeles, AS. Mereka mndapatkan grant U$ 10.000 dari USAID untuk projectnya: Green Refrigerant Box (Kulkas Tanpa Listrik).
Source: Detik.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here