Cuci Tanganmu Setelah Tidur

0
3
views

Mediagaul.net/Pencerah – Syariat islam datang untuk mengualitaskan manusia baik dari segi fisik maupun jiwa. Salah satu syariat islam adalah mencuci tangan setelah bangun tidur.
عن أبى هريرة أن النبى -صلى الله عليه وسلم- قال « إذا استيقظ أحدكم من نومه فلا يغمس يده فى الإناء حتى يغسلها ثلاثا فإنه لا يدرى أين باتت يده»
“Dari Abu Hurairah, Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam berkata:
“Sekiranya salah seorang di antara kalian bangun dari tidurnya, janganlah ia memasukkan tangannya dalam al-ina-i sebelum ia mencuci tangannya tiga kali karena ia tidak tahu dimana letak tangannya bermalam.” (HR Muslim. Lihat juga Taudhihul Ahkam min Bulughil Maram hadits ke 35 bab al-Wudhu)
Para ulama, dari hadits ini, menegaskan bahwa disyariatkan untuk mencuci tangan setelah bangun tidur. Salah satu hikmahnya ialah ketika tidur kita tidak tau dimana letak tangan kita, dan dikhawatirkan kita menyentuh sesuatu yang kotor atau najis.
Jumhur ulama menyatakan cuci tangan setelah bangun tidur adalah sunnah. Imam Ahmad menyatakan bahwa ini wajib berdasarkan teks hadits yang menyatakan perintah seperti yang tertera dalam riwayat imam al-Bukhariy  “maka hendaklah ia mencuci tangannya” 

Para ulama juga berbeda pendapat apakah tidur yang dimaksud adalah tidur malam atau siang. Jumhur ulama, termasuk imam Syafi’i, menyatakan bahwa ini disyariatkan pada semua jenis tidur baik malam atau siang.
Imam Ahmad dan Daud adz-Dzahiriy mengkhususkan bahwa ini hanya pada tidur malam hari.
Sumber : Ust. Abdullah Shaleh Hadrami.
Editor : Fajar Nur Arfian
Berita sebelumyaOrang yang Diberkahi Allah ﷻ
Berita berikutnyaYogyakarta Istimewa Tanpa LGBT
Admin Gaul adalah admin yang berusaha tetap gaul dengan arti bergaul berdasarkan tatanan hidup Islami, bukan mengusung paham pergaulan bebas.
BAGIKAN

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here